Macam-Macam Sakit Kepala

Sakit kepala dapat digolongkan menjadi sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala itu sendiri yang merupakan penyakit utama, sedangkan sakit kepala sekunder adalah seakit kepala yang disebabkan oleh adanya penyakit lain, misalnya hipertensi, cedera kepala, dll. Yang termasuk sakit kepala primer adalah :

- Sakit kepala tegang otot (tension-type-headache)
- Migrain
- Sakit kepala klaster (cluster headache)

Sakit kepala primer itu sendiri terbagi lagi dalam beberapa jenis sakit kepala menurut penyebabnya, yakni

a. Sakit kepala tegang otot adalah jenis yang paling banyak dijumpai dan mungkin sering kita alami. Sakit kepalanya ada di kedua sisi kepala, rasanya menekan, kadang terasa berat dengan nyeri tumpul. Bisa berasa di sebelah depan, samping, atau bagian belakang kepala, tapi umumnya bilateral (kedua belah sisi). Sakit kepala jenis ini disebabkan karena adanya otot-otot sekitar kepala yang berkontraksi atau menegang. Biasanya disebabkan karena posisi tubuh yang tidak banyak bergerak atau berada dalam satu posisi tertentu yang terlalu lama atau terlalu banyak membaca, bekerja di depan komputer dll.

Tiap tahun sakit kepala yang diakibatkan oleh ketegangan otot di sekitar kepala mencapai 74%, presentase tersebut lebih tinggi dibandingkan jenis sakit kepala lainnya. Hampir 40% lebih wanita mengalami sakit kepala jenis ini dibanding dengan pria.

b. Sakit kepala vaskular. Sakit kepala vaskular yang disebablan oleh pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi) pada otak yang menekan sel-sel saraf hingga menimbulkan rasa nyeri . Umumnya jenis sakit kepala ini berupa migrain atau sakit kepala sebelah. Migrain hampir semua orang mengalami terutama wanita menjelang menstruasi. Jenis sakit kepala ini umumnya ditandai dengan gejala berupa berkurangnya rasa nafsu makan, mual ingin muntah, mengalami tingkat kepekaan terhadap cahaya dan suara. Cara untuk mengatasi jenis sakit kepala ini dapat hilang dengan tidur.

c. Sakit kepala klaster (cluster headache) merupakan bagian dari sakit kepala vaskular yang dapat terjadi secara berulang dalam waktu yang sama selama beberapa hari, minggu dan kemudian akan mereda kembali. Serangan sakit kepala cluster ini dapat terjadi berulang kali dalam kurun waktu setahun. Sakit kepala jenis ini terjadi secara bertahap mulai dari sakit kepala yang ringan hingga dalam beberapa menit kemudian terjadi sakit kepala yang sangat berat.

Sakit kepala cluster ini umumnya banyak menyerng di daerah bagian sekitar mata sebelah kanan atau kiri, kemudian akan menyebar ke seluruh bagian wajah. Bagian mata yang merupakan bagian pertama yang diserang dari sakit kepala cluster ini akan menunjukkan gejala seperti mata memerah, kemudian kedua lubang hidung yang membasah seperti orang yang terkena flu sering meler dan tersumbat. Sakit kepala cluster akan merasa lebih baik jika banyak melakukan pergerakan.

2. Sakit kepala sekunder

Sakit kepala sekunder umumnya disebabkan oleh beberapa penyakit atau gangguan kesehatan lainnya, seperti influenza, radang sinus, tekanan darah tinggi, stroke ringan/berat, cedera kepala, tumor otak, gangguan metabolisme, gangguan pada saraf mata, sakit gigi, serta efek samping dari penggunaan obat tertentu dan masalah psikologis juga dapat mengakibatkan sakit kepala. Dengan terapi yang tepat atas penyakit yang mendasari, biasanya sakit kepala akan menghilang.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sakit Kepala Membantu Meredakan Sakit Kepala dan Melancarkan Peredaran Darah Menuju Kepala, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Sakit Kepala and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>