Penyebab Sakit Kepala

obat-sakit-kepalaHampir semua orang tahu rasanya sakit kepala. Diperkirakan lebih dari 90% manusia pernah mengalaminya dalam hidup. Bagi sebagian orang, sakit kepala ini merupakan hal yang rutin dalam hidup mereka.

Ada ratusan penyebab sakit kepala, baik yang bersifat psikologis maupun fisiologis. Jenis-jenis sakit kepala pun beragam, mulai dari migren hebat yang berlangsung selama beberapa hari, sampai sakit kepala akibat minuman keras yang reda dalam beberapa jam. Pada beberapa kasus, sakit kepala dapat mengindikasikan adanya ketidak beresan seperti tumor otak atau adanya penyakit yang mengancam jiwa seperti radang selaput otak. Tapi, kasus seperti sangat jarang terjadi. Kebanyakan sakit kepala yang terdiagnosis oleh para dokter adalah sakit kepala berulang yang tidak berbahaya, atau disebut juga sakit kepala akibat ketegangan otot.

Tegang Otot

Sakit kepala akibat ketegangan biasanya disebabkan oleh ketegangan fisik di otot-otot bahu, leher dan kepala. Bisa juga disebabkan oleh penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah di kepala. Rasa sakit biasanya muncul di bagian bawah kepala dan menyebar ke bagian belakang kepala menuju dahi dan pelipis. Rasa sakit akibat kontraksi otot yang terus-menerus akan sangat terasa di kulit kepala dan dapat menjalar ke seluruh daerah kepala.

Beberapa orang menderita sakit kepala saat bangun tidur dan dapat berlangsung seharian. Tingkat keparahannya pun beragam, mulai dari rasa yang biasanya hingga rasa sakit yang menusuk secara tiba-tiba di bagian tertentu. Sebagian orang merasa kepaanya ditekan seperti menggunakan ikat kepala ketat atau terasa seperti denyutan yang terus-menerus. Walaupun sakit kepala ini tidak ada hubungannya dengan gangguan penglihatan, sebagian besar penderita tidak suka cahaya terang dan sulit untuk berkonsentrasi.

Migren

Banyak penderita sakit kepala yang meyebut penyait merka sebagai migren. Padahal migren adalah suatu kondisi medis tertentu yang berbeda dari sakit kepala akibat ketegangan. Migren adalah gangguan saraf yang umum, dengan jumlah penderita wanita 3 kali lebih banyak dari pria. Kebanyakan migren pada wanita terjadi sebelum menstruasi, karena ketidakseimbangan hormon.

Rasa sakit luar biasa pada penderita migren diperkirakan karena diperkirakan karena membengkaknya pembuluh darah di kepala sehingga menimbulkan gangguan aliran darah ke otak. Selanjutnya, gangguan penglihatan terjadi sebelum sakit kepala muncul akibat penyempitan pembuluh darah sesaat.

Migren menyebabkan perubahan kimia tubuh. Beberapa gejala umumnya adalah kepekaan berlebih pada cahaya (fotofobia), mual, muntah dan diare. Rasa sakitnya sendiri biasanya terasa di satu sisi kepala saja dan ditandai dengan rasa sakit yang hebat di dahi atau pelipis, atau terasa menyebar dari leher belakang. Serangan migren dapat berlangsung sampai 72 jam dan membuat penderitanya lemah. Diperlukan satu sampai dua hari setelah serangan migren untuk kembali ke kondisi normal.

Periode munculnya rasa sakit

Sakit kepala klaster dan migren sering menbingungkan karena rasa sakitnya cenderung terpusat di sekitar mata dan biasanya hanya terasa di satu sisi kepala. Periode munculnya rasa sakit tipe ini antara 1 sampai 2 bulan. Pada saat serangan, sakit kepala akan timbul secara tiba-tiba dan berlangsung sampai satu jam.

Dalam sehari bisa terjadi beberapa serangan, sering kali membuat penderitanya terbangun dari tidurya atau sampai membuat mereka gelisah karena rasa sakitnya begitu hebat. Sakit kepala jenis ini jarang terjadi dibandingkan migren. Selain itu, sakit kepala ini jarang menyerang orang berumur dibawah 30 tahun dan kebanyakan penderitanya adalah pria. Minum alkohol pada periode sakit dapat memicu terjadinya serangan sakit kepala secara tibat-tiba.


=====================================

>>> Kapsul Herbal Sakit Kepala Membantu Meredakan Sakit Kepala dan Melancarkan Peredaran Darah Menuju Kepala, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Sakit Kepala and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>